Pembelajaran Musik Ansambel di Kelas IX SMP YTKA Solok Selatan

Yani, Andri Ahmat (2022) Pembelajaran Musik Ansambel di Kelas IX SMP YTKA Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ANDRI_AHMAT_YANI_18232020_7641_2022 .pdf] Text
final_B1_6_ANDRI_AHMAT_YANI_18232020_7641_2022 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya di jenjang pendidikan menengah dilaksanakan sesuai kurikulum 2013. Salah satu konten pelajarannya adalah ansambel sejenis atau sederhana. Materi pelajaran yang diberikan guru kepada siswa di SMP YTKA Solok Selatan adalah ansambel Rekorder. Persiapan guru dirancang sesuai dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran untuk kemudian dilaksanakan di dalam kelas. Pembelajaran ansambel rekorder dilaksanakan per minggu di kelas IX SMP YTKA dengan target siswa terampil bermain ansambel. Akan tetapi setelah pembelajaran berakhir, target yang direncakan guru dengan siswa belum sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pembelajaran Ansambel Musik Rekorder di kelas IX SMP YTKA Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data adalah studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data adalah mengidentifikasi, mengklasifikasi, mengklarifikasi, menginterpretasi, mendeskripsikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian yang didapat berkenaan dengan pembelajaran ansambel rekorder di Kelas IX SMP YTKA Solok Selatan, yaitu: (1) desain rencana pembelajaran (RPP) disusun sesuai komponen yang ada. Pada rumusan tujuan pembelajaran belum mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. (2) Pelaksanaan pembelajaran berkenaan dengan kegiatan guru belum sesuai dengan tahapan pembelajaran karena pada kegiatan awal, guru tidak menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, serta tidak meninjau kemampuan awal siswa sekaitan dengan bermain rekorder. Pada bagian inti pembelajaran, guru mendominasi pembelajaran dengan cara menjelaskan tanpa pencontohan dan demonstrasi Tentang ansambel recorder. Kegiatan mandiri dilakukan siswa secara individual dan kurang mendapat bimbingan guru. Dampak dari proses pembelajaran ansambel rekorder tersebut capaian belajar siswa tentang praktek ansambel rekorder belum tercapai dengan baik

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ansambel, Recorder.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Musik-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:44
Last Modified: 04 Aug 2025 03:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20017

Actions (login required)

View Item
View Item