Analisis Penggunaan Online Organizer dalam Pembelajaran Menggunakan Metode PIECES (Studi Kasus: Penggunaan Trello di Jurusan Teknik Elektronika FT-UNP)

Safitri, Yuci (2016) Analisis Penggunaan Online Organizer dalam Pembelajaran Menggunakan Metode PIECES (Studi Kasus: Penggunaan Trello di Jurusan Teknik Elektronika FT-UNP). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YUCI_SAFITRI_3951_2016.pdf] Text
B1_05_YUCI_SAFITRI_3951_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengungkapkan kualitas online organizer trello dalam pembelajaran dari aspek PIECES. Jumlah populasi 353 mahasiswa dan sampel berjumlah 78 mahasiswa tahun masuk 2012-2014 Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Proporsional Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan melalui angket kepada mahasiswa dan Pakar yang menggunakan online organizer trello dalam pembelajaran di Jurusan Elektronika dengan skala likert. Hasil analisis menunjukkan (1) Penggunaan online organizer trello dalam pembelajaran terhadap mahasiswa dinilai baik dengan persentase 89,61%. Sedangkan masing-masing indikator yaitu : (a) performance dinilai baik dengan persentase 92,30%, (b) information dinilai baik dengan persentase 91,67% (c) economic menyatakan baik dengan persentase 84,62%, (d) control/security dinilai baik dengan persentase 92,86%, (e) efficiency dinilai baik dengan persentase 83,34%, dan (f) service dinilai sangat baik dengan persentase 92,31%, (2) Penggunaan online organizer trello dalam pembelajaran terhadap pakar dinilai sangat baik dengan persentase 84%, sedangkan untuk masing-masing indikator, (a) performance tergolong sangat baik dengan persentase 82,66%, (b) information tergolong baik dengan persentase 80%, (c) economic dinilai baik dengan persentase 80%, (d) control/security tergolong sangat baik dengan persentase 85,33%, (e) efficiency tergolong sangat baik dengan persentase 88%, (f) service tergolong sangat baik dengan persentase 88%. Jadi, dapat disimpulkan kualitas online organizer trello dinilai baik dalam penggunaannya dalam pembelajaran. Bahkan, jika dilihat dari masing-masing aspek PIECES, sehingga dapat digunakan sebagai teknologi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: online organizer, trello, PIECES.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:35
Last Modified: 04 Aug 2025 03:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20008

Actions (login required)

View Item
View Item