Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Auditor terhadap Underpricing (Studi Empiris pada Perusahaan yang Melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2013).

Pratiwi, Suci (2015) Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Auditor terhadap Underpricing (Studi Empiris pada Perusahaan yang Melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2013). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUCI_PRATIWI_1103242_2413_2015.pdf] Text
final_B1_6_SUCI_PRATIWI_1103242_2413_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh tingkat profitabilitas (EPS) terhadap underpricing, 2) Pengaruh ukuran perusahaan (SIZE) terhadap underpricing, dan 3) pengaruh reputasi auditor (RA) terhadap underpricing. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 sampai dengan tahun 2013. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive samplingsehingga diperoleh 87 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 0,05 maka hasil penelitian menyimpulkan: 1) tingkat profitabilitas tidak berpengaruh terhadap underpricing dengan tingkat signifikansi 0,332 > 0,05 atau thitung< ttabel (0,977 < 1,988) dan β 0,012 (H1 ditolak). 2) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing dengan tingkat signifikansi 0,375 > 0,05 atau thitung < ttabel (0,891< 1,988) dan β -1,501 (H2 ditolak). 3) reputasi auditor berpengaruh negatif terhadap underpricing dengan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05 atau thitung< ttabel (3,034 >1,992) dan β -15,751 (H3 diterima). Dalam penelitian ini disarankan 1) Bagi investor yang ingin melakukan investasi di pasar perdana sebaiknya tidak hanya memperhatikan tingkat profitabilitas, ukuran perusahaan, dan reputasi auditor untuk memprediksi underpricing, karena masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap underpricing. 2) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat mengkombinasikan berbagai variabel keuangan dan non keuangan yang relevan dalam mempengaruhi underpricing, mempertimbangkan jangka waktu penelitian dan menambah jumlah sampel karena bedasarkan hasil penelitian ini terbatas untuk melihat pengaruh tingkat profitabilitas, ukuran perusahaan dan reputasi auditor terhadap underpricing

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: engaruh Tingkat Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, Underpricing
Subjects: A Accountant
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:27
Last Modified: 04 Aug 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19995

Actions (login required)

View Item
View Item