Sari, Yosi Nofita (2016) Kontribusi Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Sarana Akses Informasi dan Perilaku Belajar Mahasiswa Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_Yosi_Nofita_Sari_1203258_4543_2016.pdf [thumbnail of B1_05_Yosi_Nofita_Sari_1203258_4543_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_Yosi_Nofita_Sari_1203258_4543_2016.pdf
Download (676kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah belum maksimalnya indeks prestasi kumulatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT-UNP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap seberapa besar kontribusi pemanfaatan smartphone android sebagai sarana akses informasi dan perilaku belajar mahasiswa terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT-UNP. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 133 orang dan sampel berjumlah 57 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Tahun Masuk 2013 FT-UNP. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling. Data mengenai indeks prestasi kumulatif mahasiswa diperoleh dari Pusat Komputer Universitas Negeri Padang (PUSKOM UNP), Sedangkan data pemanfaatan smartphone android sebagai sarana akses informasi dan perilaku belajar mahasiswa dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada mahasiswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian di analisis menggunakan bantuan komputer program Microsoft Office Ecxel 2010 dan SPSS 16.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan smartphone android sebagai sarana akses informasi dan perilaku belajar mahasiswa secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT-UNP sebesar 37,1%, (2) Pemanfaatan smartphone android sebagai sarana akses informasi berkontribusi secara signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT-UNP sebesar 29,2%, (3) Perilaku belajar mahasiswa berkontribusi secara signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT-UNP sebesar 25,6%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan smartphone android sebagai sarana akses informasi dan perilaku belajar mahasiswa berkontribusi terhadap indeks prestasi kumulatif mahsiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT-UNP.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Smartphone Android, Perilaku Belajar Mahasiswa, Indeks Prestasi Kumulatif |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:27 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19991 |