Diah, Siti Syak (2017) Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Semen Padang 1. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SITI_SYAK_DIAH_1300428_4585_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SITI_SYAK_DIAH_1300428_4585_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SITI_SYAK_DIAH_1300428_4585_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya siswa yang aktivitas belajarnya masih rendah, sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar matematika yang diperoleh siswa tersebut. Diketahui bahwa siswa yang aktivitas belajarnya rendah memperoleh hasil belajar matematika yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : Apakah ada hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Semen Padang 1 tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Semen Padang 1, pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Semen Padang 1 tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan seluruh populasi, yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Semen Padang 1 tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 45 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa, dan tes untuk melihat hasil belajar matematika. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tingkat aktivitas belajar siswa kelas IV SD Semen Padang 1 sebagian besar tergolong baik, sebesar (46,67%). Kedua tingkat hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Semen Padang1 sebagian besar tergolong sempurna, sebesar (42,22%). Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan kuat antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar matematika di Sekolah Dasar, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis korelasi, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,787. Koefisien korelasi bernilai positif, berarti aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar matematika memiliki hubungan yang positif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, hasil belajar matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:34 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19984 |