Kualitas Layanan Customer Service Pada PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Kandatel Sumatera Barat

Nita, Wanagus (2012) Kualitas Layanan Customer Service Pada PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Kandatel Sumatera Barat. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WANAGUS_NITA_15487_5882_2012.pdf] Text
final_B1_7_WANAGUS_NITA_15487_5882_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Layanan Customer Service pada PT. Telkom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan berbagai hal yang menyangkut dengan kualitas layanan customer service pada PT. Telkom. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang mana pengamatan ini langsung di lapangan. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan terhadap pengguna jasa telekomunikasi kurang optimal sehingga dapat merugikan perusahaan. Dilihat bahwa kualitas pelayanan yang dihasilkan CSR belum sesuai dengan standar pelayanan Telkom yang berdasarkan pada indikator-indikator Reliability (kehandalan), Responsivenes (daya tangkap), Assurance (jaminan), Emphaty (empati) dan Tangible (bukti fisik). Saran yang dapat diberikan peneliti berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk lebih meningkatkan Kinerja Customer Service terhadap kualitas layanan yang sesuai dengan standar pelayanan Plasa Telkom dalam indikator Reliability, Responsiveness, Emphaty, Assurance, dan Tangible kepada pelanggan yang datang melaporkan keluhan ke Plasa Telkom Sumbar, serta mengadakan pelatihan-pelatihan khusus bagi Customer Service untuk lebih profesional dalam melaksanakan pekerjaan terutama dalam memberikan layanan kepada pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan,Customer Service,PT. Telkom,Metode Deskriptif,Observasi,Reliability,Responsiveness,Assurance,Empathy,Tangible
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Perdagangan-D3
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:25
Last Modified: 04 Aug 2025 03:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item
View Item