Arina, Siti (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SITI_ARINA_1308809_5226_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SITI_ARINA_1308809_5226_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SITI_ARINA_1308809_5226_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang lebih berpusat kepada guru. Guru kurang melibatkan siswa dalam kegiatan berfikir dan menenemukan konsep dari materi yang akan di pelajarinya. Hal ini menyebabkan siswa lebih banyak menjadi pendengar pada saat pembelajaran berlangsung, disamping itu minat dan hasil belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran IPS dengan model Think Pair and Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian terdiri dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi.Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat yang berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 77% kualifikasi baik (B), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93% kualifikasi sangat baik (SB). (b) pelaksanaan dari aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 75% kualifikasi cukup (C), sedangkan pada siklus II meningkat 96% kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 71,5% kualifikasi cukup (C), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 96% kualifikasi sangat baik (SB). (c) Penilaian hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata 78% kualifikasi baik (B), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87 kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Think Pair and share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share (TPS), Pembelajaran kooperatif, Hasil belajar IPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:02 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19962 |