Pratama, Frandy (2012) Peningkatan Hasil Belajar Jaring- Jaring Balok Dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning di Kelas IV SD Negeri 01 Pasar Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FRANDY_PRATAMA_52385_516_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_FRANDY_PRATAMA_52385_516_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FRANDY_PRATAMA_52385_516_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran jaring-jaring balok dan  kubus di kelas IV SD Negeri 01 Pasar Tiku Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten  Agam peneliti belum mengaitkan  dengan hal-hal yang dekat dengan lingkungan  siswa, sehingga hasil belajar siswa rendah maka dari itu dilakukan Penelitian  Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar.  Disini peneliti menggunakan pendekatan CTL yaitu suatu cara untuk memberikan  kesempatan kepada siswa untuk dapat menemukan sendiri konsep–konsep pelajaran  yang di akan dipelajarinya dan dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan  penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar jaring- jaring balok  dan kubus, dengan pendekatan CTL.  
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini  menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa  informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil  pengamatan, hasil tes. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran jaring jaring balok dan kubus dengan pendekatan CTL di kelas IV SD Negeri 01 Pasar Tiku  Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Subjek penelitian adalah siswa kelas  IV SD Negeri 01 Pasar Tiku yang berjumlah 18 orang.  
Hasil penelitian siklus I dapat diketahui dengan rata-rata nilai kognitif, afektif  dan psikomotor adalah 60,49%, sedangkan pada siklus II diketahui rata-rata nilai  kognitif, afektif dan psikomotor  90,09%. Maka terlihatlah bahwa penggunaan  pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus pada  siswa kelas IV SD Negeri 01 Pasar Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten  Agam
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, jaring-jaring balok kubus, contextual teaching and learning, siswa kelas IV | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:37 | 
| Last Modified: | 04 Aug 2025 02:37 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19924 | 
 
         