Fatimah, Elsa Roza (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Menggunakan Strategi Polya di Kelas IV SDN 28 Bungin Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELSA_ROZA_FATIMAH_1200612_5392_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELSA_ROZA_FATIMAH_1200612_5392_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELSA_ROZA_FATIMAH_1200612_5392_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih ditemukannya kesulitan pada siswa dalam memahami masalah, sehingga siswa belum mampu menyelesaikan soal penjumlahan pecahan penyebut sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pecahan dengan strategi Polya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan 4 x pertemuan. Dalam penelitian meliputi perencanaan ,pelaksanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembaran observasi dan lembaran tes dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV.
Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa a) Peningkatan penilaian RPP rata-rata siklus I 76,8% (B) dan siklus II dengan rata-rata 94,65% (BS),b) Peningkatan hasil yang dinilai dari segi pelaksanaan yaitu rata- rata siklus I aspek guru 84,4% (BS) dan rata-rata siklus I Aspek siswa 67,9% (B), rata rata siklus II aspek guru 96,9% (BS) dan rata-rata siklus II aspek siswa 90,6% (BS), c) Peningkatan hasil belajar siklus I dengan rata-rata 60,64 (B), sedangkan siklus II 76,92 (B). Dapat disimpulkan strategi Polya dapat meningkatkan hasil belajar pecahan di kelas IV SDN 28 Bungin Kabupaten Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Polya, hasil belajar, siswa, tindakan kelas, pecahan, observasi, refleksi, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19923 |