Siregar, Siti Annisa (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa pada Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3, 5, dan 6 Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 040443 Kabanjahe, Kabupaten Karo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SITI_ANNISA_SIREGAR_17129084_4646_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_SITI_ANNISA_SIREGAR_17129084_4646_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SITI_ANNISA_SIREGAR_17129084_4646_2021.pdf
Download (586kB)
Abstract
Penelitian ini pada tema 8 subtema 3 dilatarbelakangi oleh guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran tematik terpadu, kurang memberikan rangsangan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari, sehingga siswa yang berani untuk menjawab pertanyaan dari guru adalah siswa yang itu – itu saja, sedangkan siswa yang lain hanya diam saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Talking Stick di kelas IV SDN 040443 Kabanjahe Kabupaten Karo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021.Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV selaku pengamat (observer), peneliti selaku praktisi dan siswa kelas IV SDN 040443 Kabanjahe Kabupaten Karo yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 12 siswa laki – laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Dengan instrumennya berupa lembar observasi, lembar soal dan lembar pengamatan sikap dan keterampilan.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan pada beberapa aspek, diantaranya : (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I memperoleh 77,77% (baik) , pada pertemuan II menjadi 86% (baik), dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 94,44% (sangat baik). (2) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus 1 pertemuan I memperoleh persentase 75% (baik) , pada pertemuan II menjadi 84% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II 94% (sangat baik). (3) Aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan I memperoleh persentase 75% (baik), pada pertemuan II menjadi 84% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II 94% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 nilai rata – ratanya 89% (sangat baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II 93,1% (sangat baik). Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 3.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Talking Stick, hasil belajar, Tema 8 Subtema 3. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19922 |