Cristal L, Wulandari (2013) Hubungan Keterampilan Mencatat dengan Hasil Belajar Siswa SMP N 4 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WULANDARI_CRISTAL_04257_1559_2013.pdf [thumbnail of B1_5_WULANDARI_CRISTAL_04257_1559_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WULANDARI_CRISTAL_04257_1559_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Mencatat merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran,mencatat dapat membantu meningkatkan daya ingat, tanpa mencatat danmengulanginya kebanyakan siswa hanya mampu mengingat sebagian kecil materiyang mereka baca atau yang mereka dengarkan. Dengan adaya catatan, siswa akanterbantu dalam mengulang pelajaran di rumah sehingga dapat mengoptimalkanhasil belajar siswa di sekolah. Berdasarkan kenyataan yang ditemukan di SMP N4 Padang Panjang mengenai keterampilan mencatat pelajaran siswa diketahuibahwa banyak siswa memiliki catatan pelajaran tidak lengkap. Oleh karena itupeneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian mengenai hubunganketerampilan mencatat dengan hasil belajar siswa dengan tujuan agar memperolehgambaran mengenai bagaimana keterampilan mencatat dan hasil belajar siswaSMPN 4 Padang Panjang.Penelitian ini berbentuk deskriptif korelasional yang bertujuan untukmenguji hubungan keterampilan mencatat dengan hasil belajar siswa. Populasidalam penelitian ini berjumlah 445 orang dan sampel penelitian adalah siswakelas VII, VIII, IX SMP 4 Padang Panjang yang berjumlah 83 orang. Alatpengumpulan data yang digunakan adalah angket berbentuk skala likert yangmengungkapkan keterampilan siswa dalam mencatat pelajaran, kemudian datayang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, PearsonProduct Moment dan menggunakan SPPS 17,0 untuk melihat hubungan antaraketerampilan mencatat dengan hasil belajar siswa.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) keterampilan mencatatsiswa tergolong pada kategori cukup (2) hasil belajar siswa termasuk ke dalamkategori cukup (3) terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilanmencatat dengan hasil belajar siswa pada signifikansi 0,000 dengan r hitung0,474. Artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara keterampilan mencatatsiswa dengan hasil belajar yang mereka peroleh. Oleh sebab itu diharapkankepada siswa untuk dapat meningkatkan keterampilan mencatat dan hasil belajar.Diharapkan kepada guru BK untuk membantu siswa agar lebih terampil dalammencatat pelajaran dengan memberikan layanan informasi dan layananpenguasaan konten, dan kepada Kepala Sekolah diharapkan memfasilitasi guruBK dalam meningkatkan keterampilan mencatat pelajaran oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MENCATAT, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:24 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19919 |