Putra, Andika (2016) Peningkatan Keterampilan Siswa membuat Benda Konstruksi menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ANDIKA_PUTRA_1205017_5566_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ANDIKA_PUTRA_1205017_5566_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ANDIKA_PUTRA_1205017_5566_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
enelitian ini berawal dari kenyataan, bahwa keterampilan benda konstruksi masih rendah, hal ini disebabkan guru belum mendemontrasikan langkah-langkah benda konstruksi, pada latihan lanjuttan siswa membuat tugas di rumah dan guru lebih mengutamakan hasil akhir saja. Untuk mengatasinya, dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan benda konstruksi di sekolah dasar Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh menggunakan teknik observasi dan evaluasi. Instrument penelitian adalah lembar observasi dan hasil produk siswa. Hasil penelitian, pada RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,35% dengan kualifikasi baik, siklus II nilai menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I nilai rata-rata 80% dengan kualifikasi baik dan siklus II nilai menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik, selanjutnya aktivitas siswa siklus I nilai rata-rata 80% dengan kualifikasi baik, siklus II nilai menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata 50,93% dengan kualifikasi kurang, siklus II nilai menjadi 79,47% dengan kualifikasi baik. Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan banda konstruksi siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Benda Konstruksi, Model Pembelajaran Langsung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:35 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19907 |