Sari, Sistri Wanola (2018) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 19 Durian Kapeh, Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SISTRI_WANOLA_SARI_1305046_2045_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_SISTRI_WANOLA_SARI_1305046_2045_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SISTRI_WANOLA_SARI_1305046_2045_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar operasi hitung campuran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SD Negeri 19 Durian KapehKab.Agam.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 19 Durian Kapeh Kab. Agam yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi, serta data yang diperoleh melalui lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan pelaksanaan dari aspek guru dan siswa, dan evaluasi hasil belajar.
Hasil belajar operasi hitung campuran di kelas IV SD Negeri 19 Durian Kapeh Kab. Agam dengan NHT pada siklus I dan II mengalami peningkatan, nilai rata-rata pada siklus I67,72 dan pada siklus II 82,59. Dari kemampuan guru merancang pembelajaran dari 82,70% mencapai 92,31%. Aktivitas guru dari 70,32% mengalami peningkatan menjadi 90,63%. Aktivitas siswa dari 68,75% mengalami peningkatan 87,51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran operasi hitung campuran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 19 Durian Kapeh Kab. Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar operasi hitung campuran, model kooperatif tipe NHT. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19889 |