Sari, Fitria (2015) Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Negeri 26 Sangkir, Kec. Lubuk Basung Kab.Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRIA_SARI_95312_1772_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRIA_SARI_95312_1772_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FITRIA_SARI_95312_1772_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 26 Sangkir Kecamatan  Lubuk Basung, bahwa pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru  sehingga hasil belajar IPS siswa rendah.. Untuk itu peneliti tertarik  memperbaiki  proses pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi  Masyarakat ( STM ).  
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS di  kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS.Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan  siswa kelas IVSD N 26 Sangkir yang berjumlah 10 orang. Sumber data penelitian  ini adalah proses pembelajaran IPS dengan menggunakan pendektan Sains  Teknologi Masyarakat  di kelas IV SD Negeri 26 Sangkir Kecamatan Lubuk  Basung  Kabupaten Agam. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model  analisis data. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan  2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi.  Hasil analisis terhadapperencanaan pembelajaran  pada siklus I adalah  73,21 % mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,3 %.Hasil   pelaksanaan pembelajaran kegiatan guru pada  siklus I adalah 68,35 mengalami  peningkatan menjadi 87%, Hasil pengamatan terhadap aktifitas siswa siklus I  adalah 69 % mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 73,3 % . Untuk hasil  belajar siklus I pertemuan I 64,55 mengalami peningkatan menjadi 77,6
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pendekatan sains teknologi, hasil belajar, pembelajaran IPS, siswa kelas IV | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:48 | 
| Last Modified: | 04 Aug 2025 01:48 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19874 | 
 
         