Purnamawati, Elpi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELPI_PURNAMAWATI_95535_2865_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELPI_PURNAMAWATI_95535_2865_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELPI_PURNAMAWATI_95535_2865_2012.pdf
Download (461kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Padang. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan pendekatan konstruktivisme. Langkah langkah pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme adalah 1) Pengaktifan pengetahuan yang ada, 2) Pemerolehan pengetahuan baru, 3) Pemahaman pengetahuan, 4) Menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh.5) Refleksi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 20 dadok Tunggul Hitam yang terdiri dari 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunakan pendekatan konstruktivisme. Dari aspek guru pada siklus I pertemuan 1 aktivitas guru berkualifikasi cukup dan pada siklus II pertemuan 2 aktivitas guru meningkat menjadi sangat baik. Dari aspek siswa aktivitas siswa dinilai cukup dan pada akhir siklus II aktivitas siswa dinilai sangat baik. Hasil belajar siswa pada awal siklus I nilai rata-rata aspek kognitif adalah 61,77. Aspek afektif adalah 63,33 dan psikomotor adalah 61,37 dan pada akhir siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat yaitu aspek kognitif 78,51, aspek afektif adalah n81,21 dan psikomotor menjadi 76,85 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pendekatan konstruktivisme, IPA, siswa kelas IV, SD Negeri 20, tindakan kelas, kognitif, afektif, psikomotor, peningkatan, observasi, refleksi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:41 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19859 |