Sari, Fitria Mita (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV SDN 44 Taratak Sungai Lundang Kecamatan Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRIA_MITA_SARI_57025_1616_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRIA_MITA_SARI_57025_1616_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FITRIA_MITA_SARI_57025_1616_2014.pdf
Download (519kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran PKn. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan pendekatan
konvensional. Dari itu tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran
talking stick di kelas IV SDN 44 Taratak Sungai Lundang Kecamatan Tarusan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri
dari 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Instrument penelitian adalah lembaran
penilaian RPP, lembar observasi dan lembaran tes. Sedangkan subjek penelitian
adalah guru dan siswa kelas IV SDN 44 Taratak Sungai Lundang Kecamatan
Tarusan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada perencanaan, pelaksanaan
dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Pada siklus I pertemuan I
rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai persentase 89 (sangat baik)
dan pada pertemuan II memperoleh nilai persentase 89 (sangat baik), maka pada
siklus I memperoleh nilai persentase 89 (sangat baik) dan meningkat menjadi 100
(sangat baik) pada siklus II. Pada pelaksanaan pembelajaran untuk aktifitas guru
pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai pesentase 72 (cukup) dan pada
pertemuan II memperoleh nilai persentase 88 (sangat baik), maka pada siklus I
untuk aktifitas guru memperoleh nilai persentase 80 (baik) dan meningkat menjadi
97 (sangat baik) pada siklus II, sedangkan pada aktifitas siswa siklus I pertemuan
I memperoleh nilai persentase 72 (cukup) dan pada pertemuan II memperoleh
nilai persentase 88 (sangat baik), maka pada siklus I untuk aktifitas siswa
memperoleh nilai persentase 80 (baik) dan meningkat menjadi 97 (sangat baik)
pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68
(cukup) meningkat menjadi 84 (baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn di kelas IV SDN 44 Taratak Sungai Lundang Kecamatan
Tarusan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pembelajaran PKn, talking stick, siswa kelas IV |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:30 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19857 |