Sari, Fitria Mita (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV SDN 44 Taratak Sungai Lundang Kecamatan Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRIA_MITA_SARI_57025_1616_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRIA_MITA_SARI_57025_1616_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FITRIA_MITA_SARI_57025_1616_2014.pdf
Download (519kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada 
pembelajaran PKn. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan pendekatan 
konvensional. Dari itu tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil 
belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran 
talking stick di kelas IV SDN 44 Taratak Sungai Lundang Kecamatan Tarusan. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap 
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri 
dari 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan 
kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Instrument penelitian adalah lembaran 
penilaian RPP, lembar observasi dan lembaran tes. Sedangkan subjek penelitian 
adalah guru dan siswa kelas IV SDN 44 Taratak Sungai Lundang Kecamatan 
Tarusan. 
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada perencanaan, pelaksanaan 
dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Pada siklus I pertemuan I 
rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai persentase 89 (sangat baik) 
dan pada pertemuan II memperoleh nilai persentase 89 (sangat baik), maka pada 
siklus I memperoleh nilai persentase 89 (sangat baik) dan meningkat menjadi 100 
(sangat baik) pada siklus II. Pada pelaksanaan pembelajaran untuk aktifitas guru 
pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai pesentase 72 (cukup) dan pada 
pertemuan II memperoleh nilai persentase 88 (sangat baik), maka pada siklus I 
untuk aktifitas guru memperoleh nilai persentase 80 (baik) dan meningkat menjadi 
97 (sangat baik) pada siklus II, sedangkan pada aktifitas siswa siklus I pertemuan 
I memperoleh nilai persentase 72 (cukup) dan pada pertemuan II memperoleh 
nilai persentase 88 (sangat baik), maka pada siklus I untuk aktifitas siswa 
memperoleh nilai persentase 80 (baik) dan meningkat menjadi 97 (sangat baik) 
pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68 
(cukup) meningkat menjadi 84 (baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa 
model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam 
pembelajaran PKn di kelas IV SDN 44 Taratak Sungai Lundang Kecamatan 
Tarusan
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pembelajaran PKn, talking stick, siswa kelas IV | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:30 | 
| Last Modified: | 04 Aug 2025 01:30 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19857 | 
 
         