Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tutup Botol Angka di Taman Kanak – kanak Negeri 3 Kandang Baru Sijunjung

Sriyona, Rini (2016) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tutup Botol Angka di Taman Kanak – kanak Negeri 3 Kandang Baru Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_RINI_SRIYONA_1308689_180_2016.pdf] Text
final_B1_7_RINI_SRIYONA_1308689_180_2016.pdf

Download (458kB)

Abstract

Kemampuan berhitung anak kelompok B1 TK Negeri 3 Kandang Baru masih rendah dalam berhitung 1-10. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak adalah melalui permainan tutup botol angka. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika anak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelompok B1 TK Negeri 3 Kandang Baru tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 6 orang laki – laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I yang terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Data diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Hasil observasi dianalisis dengan teknik persentase.
Hasil penelitian diperoleh kemampuan berhitung anak dalam berhitung 1-10 dengan benda meningkat. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tutup botol angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam berhitung 1-10 dengan benda pada kelompok B1 di TK Negeri 3 Kandang Baru

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, permainan tutup botol angka, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:41
Last Modified: 04 Aug 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19853

Actions (login required)

View Item
View Item