Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli yang Hasilnya Tiga Angka dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III SD Negeri 13 Lolong Padang

Azimar, Azimar (2012) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli yang Hasilnya Tiga Angka dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III SD Negeri 13 Lolong Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AZIMAR_93790.pdf] Text
final_B1_6_AZIMAR_93790.pdf

Download (336kB)

Abstract

belajaran didominasi oleh guru, kurangnya pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman kepada siswa untuk dapat membangun pengetahuannya, sehingga pembelajaran bersifat pasif. Hal ini menyebabkan masih rendahnya hasil belajar siswa tentang perkalian bilangan asli yang hasilnya tiga angka. Untuk itu, meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan asli yang hasilnya tiga angka, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar perkalian siswa melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) di kelas III Sekolah Dasar Negeri Nomor 13 Lolong Padang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas di bidang pendidikan dengan materi perkalian bilangan asli yang hasilnya tiga angka. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Nomor 13 Lolong Padang, yang siswanya berjumlah 29 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian aspek kognitif pada siklus I dengan materi perkalian bilangan asli yang hasilnya tiga angka pada siklus I pertemuan pertama adalah 68,27% dan siklus I pertemuan kedua adalah 71,03, pada siklus II dengan materi perkalian bilangan asli yang hasilnya tiga angka pertemuan pertama adalah 80 dan pertemuan kedua adalah 82,76. Penilaian aspek afektif siklus I pertemuan pertama 73,83 dan pertemuan kedua 77,34 sedangkan siklus II pertemuan pertama 81,97 dan pertemuan kedua 86,48. Penilaian aspek psikomotor siklus I pertemuan pertama 64,03 dan pertemuan kedua 70,97 sedangkan siklus II pertemuan pertama 76,07 dan pertemuan kedua 87,10. Berdasarkan penilaian dari pembelajaran siswa, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatan hasil belajar perkalian bilangan asli yang hasilnya tiga angka siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:28
Last Modified: 04 Aug 2025 01:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19850

Actions (login required)

View Item
View Item