Syopia, Elmiza (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Mengunakan Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) di Kelas V SDN 02 Cacang Tinggi Kecamatan Tanjung Mutiara Kaupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELMIZA SYOPIA_52426_4606_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELMIZA SYOPIA_52426_4606_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELMIZA SYOPIA_52426_4606_2012.pdf
Download (481kB)
Abstract
Berdasarkan observasi di SD Negeri 02 Cacang Tinggi yang di laksanakan kelas V bahwa kurang terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, pembelajaran yang masih bersifat konvensial, serta metode yang di pakai guru dalam pembelajaran yang monoton, sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Inside-Outside Circle. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN 02 Cacang Tinggi kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom action researeh ) dengan mengunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SDN 02 Cacang Tinggi. Prosedur penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu : 1). Perencanaan. 2). Pelaksanaan. 3). Pengamatan dan. 4). Refleksi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, di peroleh persentase perencanaan siklus I pertemuan 1 adalah 78 %, siklus 1 pertemuan 2 adalah 89%, silus II adalah 96%. Hasil kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru dan siswa yang di amati observer di peroleh persentase asfek guru siklus I Pertemuan 1 adalah 80 % dan aktivitas siswa 70%,. siklus 1 pertemuan 2 dari asfek guru 90% dan aktivitas siswa 90%, siklus II dari asfek guru 95% dan aktivitas siswa 95%. Dan rata-rata kelas hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 70,62, siklus 1 pertemuan 2 adalah 72,87, dan siklus II adalah 78,66. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learnig tipe Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada kelas V SDN 02 Cacang Tinggi Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS, Model, Cooperatif learning, dan Inside Outside Circle |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:28 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19847 |