Oktori, Rini (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Buah Cemara di TK Bhayangkari 10 Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RINI_OKTORI_1110510_266_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_RINI_OKTORI_1110510_266_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RINI_OKTORI_1110510_266_2014.pdf
Download (582kB)
Abstract
Kemampuan berhitung anak di TK Bhayangkari 10 Kabupaten Lima Puluh Kota masih rendah (di bawah KKM yang ditetapkan). Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung melalui permainan buah cemara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian TK Bhayangkari 10 Kabupaten Lima Puluh Kota pada kelas B1 yang berjumlah 20 orang anak dengan menggunakan media buah cemara, tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan 3 kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan 3 pertemuan.
Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak dari siklus I. Kemampuan berhitung anak masih rendah, hasil belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada siklus I melalui permainan buah cemara terutama pada indikator mengenal konsep bilangan secara sederhana. Pada siklus II perkembangan kemampuan berhitung anak lebih meningkat serta anak mampu mengenal konsep matematika sederhana sehingga menunjukkan hasil yang meningkat, terlihat dengan tercapainya persentase tingkat keberhasilan anak meningkat. Hal ini berarti bahwa kemampuan berhitung anak melalui permainan buah cemara melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berhitung, permainan buah cemara, pendidikan anak usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:27 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19842 |