Persepsi Siswa tentang Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Nora, Yunnas Dwi (2018) Persepsi Siswa tentang Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YUNNAS_DWI_NORA_1300348_2235_2018.pdf] Text
B1_05_YUNNAS_DWI_NORA_1300348_2235_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku anak berkebutuhan khusus akan mempengaruhi persepsi siswa tentang anak tunalaras. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang anak tunalaras di sekolah inklusif yang dilihat dari aspek anak berkesulitan penyesuaian sosial, dan dilihat dari aspek anak berkelainan emosi, dan mendeskripsikan implikasinya dalam layanan Bimbingan dan Konseling mengenai persepsi siswa tentang anak tunalaras. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian ini 235 siswa SMP Negeri 23 Padang, dan sampel sebanyak 148 orang siswa, yang dipilih berdasarkan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian ini digunakan adalah skala persepsi siswa tentang anak tunalaras dengan model Likert. Data dikumpulkan berdasarkan teknik analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang anak tunalaras pada umumnya kurang baik. Pertama, persepsi siswa tentang anak berkesulitan penyesuaian sosial kurang baik, diantaranya: persepsi siswa tentang anak agresif sukar bersosialisasi kurang baik, persepsi siswa tentang anak yang menutup diri berlebihan (over unhibited children) kurang baik. Kedua, anak berkelainan emosi pada umumnya kurang baik, diantaranya: persepsi siswa tentang kecemasan mendalam kurang baik, persepsi siswa tentang kelemahan seluruh jasmani dan rohani kurang baik, persepsi siswa tentang gejala yang merupakan tantangan balas dendam tidak baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, anak berkebutuhan khusus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 00:47
Last Modified: 04 Aug 2025 00:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19833

Actions (login required)

View Item
View Item