Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Terpadu Model Nested terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Kelas VII SMPN 34 Padang

Zarpiani, Yuni (2016) Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Terpadu Model Nested terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Kelas VII SMPN 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_YUNI_ZARPIANI_1205632_3449_2016.pdf] Text
B1_05_YUNI_ZARPIANI_1205632_3449_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya kompetensi IPA salah satunya disebabkan oleh penggunaan lembar kerja peserta didik yang belum mendukung model pembelajaran yang dipilih guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Terpadu Model Nested terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Kelas VII SMPN 34 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VII SMPN 34 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 7 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi kompetensi dari tiga aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk aspek sikap, tes hasil belajar untuk aspek pengetahuan dan lembar penilaian kerja untuk aspek keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh kompetensi IPA peserta didik pada aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan pada kelas eksperimen masing masing 78,22; 80,7; dan 81,3 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 76,42; 78,48; dan 76,99. Hasil uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji t, didapatkan thitung untuk masing-masing aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yaitu 2,4; 2,5; dan 2,33. Dapat dikemukakan bahwa hasil penelitian penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Terpadu Model Nested memberikan pengaruh berarti terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Kelas VII SMPN 34 Padang pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Pembelajaran Terpadu; Model Nested; Kompetensi IPA; SMP; Kelas VII
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 04 Aug 2025 00:47
Last Modified: 04 Aug 2025 00:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19830

Actions (login required)

View Item
View Item