Pengaruh Modul Terintegrasi Materi Energi Radiasi Matahari terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran PDEODE pada Materi Kalor dan Listrik.

Lania, Wiwi (2014) Pengaruh Modul Terintegrasi Materi Energi Radiasi Matahari terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran PDEODE pada Materi Kalor dan Listrik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WIWI_LANIA_18412_22_2015.pdf] Text
B1_5_WIWI_LANIA_18412_22_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika disebabkan karena minimnya kemampuanbernalar yang dimiliki siswa. Siswa belum bisa mengaitkan materi pelajarandengan permasalahan di sekitarnya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal dimanasebagian besar siswa tidak dapat menjelaskan dan menarik kesimpulan denganbenar saat diberikan suatu permasalahan. Oleh sebab itu, dibutuhkan materipengayaan yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar. Salah satunya adalahmateri energi radiasi matahari yang diintegrasikan pada materi kalor dan listrik.Untuk meningkatkan penalaran siswa diterapkan model pembelajaran PDEODE(Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain). Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh modul terintegrasi materi energi radiasi matahariterhadap hasil belajar siswa dalam model pembelajaran PDEODE pada materikalor dan listrik.Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Rancangan penelitian adalahRandomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelasX MAN 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Pengambilansampel menggunakan Cluster Random Sampling dimana sampel harus berasaldari populasi yang terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen.Hasilnya adalah kelas X-08 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-07 sebagaikelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir untuk mengetahui hasil belajarranah kognitif, lembar observasi dan angket untuk mengetahui hasil belajarafektif, dan rubrik penskoran untuk mengetahui hasil belajar psikomotor. Analisisdata menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05, uji regresilinear sederhana dan uji korelasi product-moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar rata-rata pada ranahkognitif, afektif dan psikomotor di kelas eksperimen adalah 78,33; 81,37 dan85,13 sedangkan hasil belajar rata-rata pada ranah kognitif, afektif dan psikomotordi kelas kontrol adalah 72,87; 76,87 dan 78,11. Uji hipotesis menunjukkanterdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada ranah kognitif, afektifdan psikomotor di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, kontribusimodul terintegrasi materi energi radiasi matahari terhadap hasil belajar pada ranahkognitif, afektif dan psikomotor diperoleh melalui uji regresi linear sederhanasebagai berikut : = 33,34 + 0,634 , = 30,3 + 0,719 , dan = 49,39 +0,503 , dimana , , adalah hasil belajar pada ranah kognitif, afektif danpsikomotor dan X adalah modul terintegrasi materi energi radiasi matahari. Lebihlanjut, peningkatan hasil belajar pada kedua kelas sampel sebelum dan sesudahpenelitian menunjukkan pengaruh model pembelajaran PDEODE. Kesimpulanpenelitian adalah terdapat pengaruh yang berarti modul terintegrasi materi energiradiasi matahari terhadap hasil belajar siswa dalam model pembelajaran PDEODEpada materi kalor dan listrik pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TERINTEGRASI, ENERGI RADIASI MATAHARI, HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:45
Last Modified: 01 Aug 2025 09:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19789

Actions (login required)

View Item
View Item