Elfika, Fitria (2012) Peningkatan Keterampilan Menyimak Dengan Pendekatan Somatis Audiotiori Visual Intelektual (SAVI) Kelas IV SD Negeri 33 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRIA_ELFIKA_50555_3379_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRIA_ELFIKA_50555_3379_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FITRIA_ELFIKA_50555_3379_2012.pdf
Download (963kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran keterampilan menyimak di kelas IV SDN 33 Parit Panjang kec Lubuk Basung. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran menyimak kurang tepatnya metode yang digunakan guru dan kemampuan menyimak siswa masih belum sesuai dengan harapan. Hal ini dapat dilihat melalui proses pembelajaran yang biasa digunakan disekolah. Untuk mengatasi permasalah tersebut digunakan pendekatan SAVI dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 33 Parit Panjang Kec. Lubuk Basung, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan menyimak siswa kelas IV dengan menggunakan pendekatan SAVI dilaksanakan dengan tahap sebagai berikut: 1) kegiatan awal, 2) kegiatan inti terdiri dari pramenyimak, saat menyimak, pasca menyimak dan 3) kegiatan akhir. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat sebagi pengamat. Data penelitian ini berupa data rencana pembelajaran, aktifitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar keterampilan menyimak siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dan guru SDN 33 Parit Panjang kec.Lubuk Basung tahun ajaran 2011/2012
Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan SAVI dalam proses pemebelajaran dapat meningkat dalam dua siklus pembelajaran mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan hasil kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN 33 Parit Panjang. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil penilaian RPP siklus 1 64,3 %, siklus 2 93%. Persentase hasil pelaksanaan aktifitas guru sklus I, 75%, siklus II, 91,6 %. Persentase aktifitas siswa siklus 1 75 %, siklus 2 91,6 % rata-rata yang diperoleh dari sikus I yaitu rata-rata nilai siswa 66,56 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 78,4. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran keterampilan menyimak dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Parit Panjang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menyimak, pendekatan SAVI, kelas IV, SD Negeri 33 Parit Panjang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:39 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19776 |