Elfika, Fitria (2012) Peningkatan Keterampilan Menyimak Dengan Pendekatan Somatis Audiotiori Visual Intelektual (SAVI) Kelas IV SD Negeri 33 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRIA_ELFIKA_50555_3379_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRIA_ELFIKA_50555_3379_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FITRIA_ELFIKA_50555_3379_2012.pdf
Download (963kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak  siswa pada pembelajaran keterampilan menyimak di kelas IV SDN 33 Parit  Panjang kec Lubuk Basung. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran menyimak  kurang tepatnya metode yang digunakan guru dan kemampuan menyimak siswa  masih belum sesuai dengan harapan. Hal ini dapat dilihat melalui proses  pembelajaran yang biasa digunakan disekolah. Untuk mengatasi permasalah  tersebut digunakan pendekatan SAVI dalam pembelajaran bahasa Indonesia di  kelas IV SDN 33 Parit Panjang Kec. Lubuk Basung, dengan tujuan untuk  meningkatkan keterampilan menyimak siswa.  
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan  keterampilan menyimak siswa kelas IV dengan menggunakan pendekatan SAVI  dilaksanakan dengan tahap sebagai berikut: 1) kegiatan awal, 2) kegiatan inti  terdiri dari pramenyimak, saat menyimak, pasca menyimak dan 3) kegiatan akhir.  Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan  dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat  sebagi pengamat. Data penelitian ini berupa data rencana pembelajaran, aktifitas  guru, aktifitas siswa dan hasil belajar keterampilan menyimak siswa. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas IV dan guru SDN 33 Parit Panjang kec.Lubuk  Basung tahun ajaran 2011/2012   
Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan SAVI  dalam proses pemebelajaran dapat meningkat dalam dua siklus pembelajaran  mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan hasil kemampuan  menyimak siswa kelas IV SDN 33 Parit Panjang. Hal ini dapat dilihat dari  persentase hasil penilaian RPP siklus 1 64,3 %, siklus 2 93%. Persentase hasil  pelaksanaan aktifitas guru sklus I, 75%, siklus II, 91,6 %. Persentase aktifitas  siswa siklus 1 75 %, siklus 2 91,6 % rata-rata yang diperoleh dari sikus I yaitu  rata-rata nilai siswa 66,56 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 78,4.  Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa  pembelajaran keterampilan menyimak dengan menggunakan pendekatan SAVI  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Parit Panjang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | keterampilan menyimak, pendekatan SAVI, kelas IV, SD Negeri 33 Parit Panjang | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:39 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 09:39 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19776 | 
 
         