Azmi, Azmi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair and Share di Kelas IV di SD Negeri 16 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AZMI_58365_601_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_AZMI_58365_601_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AZMI_58365_601_2013.pdf
Download (297kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran IPS masih dilaksanakan secara konvensional seperti ceramah yang mana proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). Sedangkan siswa tidak diberi kesempatan untuk dapat menemukan sendiri hal yang sedang dibahas dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah dalam pembelajaran IPS. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kooperati tipe TPS. Dengan pendekatan TPS ini siswa lebih berperan aktif dan guru berperan sebagai fasilitator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas IV SDN 16 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri atas dua siklus yaitu sisklus I dan II setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 16 Sungai Aur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan yaitu terlihat dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Pada perencanaan mengalami peningkatan dari kualifikasi cukup pada siklus I menjadi kualifikasi sangat baik pada siklus II. Pada pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I yaitu mendapat kualikasi cukup dan meningkat menjadi kualifikasi sangat baik pada siklus II, kemudian Pada pelaksanaan pembelajaran aspek siswa siklus I adalah cukup menjadi sangat baik pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 73,91% dengan kkualifikasi cukup dan siklus II diperoleh rata-rata 86,14% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 16 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair and Share |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:39 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19773 |