Sari, Kamelia (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Pohon Angka di Taman Kanak-kanak Nusa Indah Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_KAMELIA_SARI_59463_395_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_KAMELIA_SARI_59463_395_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_KAMELIA_SARI_59463_395_2013.pdf
Download (605kB)
Abstract
Kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Nusa Indah Kabupaten Agam masih sangat rendah. Kurangnya motivasi serta media yang diberikan guru dalam proses pembelajaran mengakibatkan kemampuan berhitung anak tidak berkembang dengan baik dan optimal, khususnya dalam mengenal konsep angka dan lambang bilangan.
Berdasarkan hal tersebut, maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam kegiatan mengenal konsep matematika sederhana dengan menggunakan pohon bunga angka. permainan pohon bunga angka ini dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Anak dapat menebak dan menunjuk lambang bilangan yang dikenalnya, menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda serta melakukan penambahan dan pengurangan. Pengenalan lambang bilangan dengan pohon bunga angka ini sangat menarik bagi anak karena anak terlibat secara aktif dalam permainan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak TK Nusa Indah Kabupaten Agam yang berjumlah 13 orang anak, dengan menggunakan alat peraga pohon bunga angka. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Sedangkan format hasil penilaian anak diolah dengan teknik persentase.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah, dan dilanjutkan siklus II kemampuan berhitung anak menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif. Penelitian ini telah berhasil dengan rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung, permainan pohon angka, Penelitian Tindakan Kelas, Taman Kanak-kanak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:38 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19763 |