Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan dengan Pendekatan Scientific di Kelas IV SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi

Ferdila, Silma (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan dengan Pendekatan Scientific di Kelas IV SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SILMA_FERDILA_54239_1494_2017.pdf] Text
final_B1_06_SILMA_FERDILA_54239_1494_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan siswa dalam membaca intensif belum sesuai harapan. Hal ini disebabkan siswa belum sepenuhnya diarahkan untuk membaca tanpa bersuara, berbisik ataupun menunjuk-nunjuk bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca intensif siswa dengan menggunakan pendekatan scientific.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 04 Birugo Kota Bukittinggi berjumlah 25 orang. Instrument penelitian ini adalah lembar pengamatan dan lembar tes.
Berdasarkan hasil penelitian terlihat pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran siklus I adalah 63% dengan predikat (kurang) meningkat pada siklus II menjadi 83 dengan predikat (baik), sedangkan pada penilaian Aspek Guru pada siklus I 74% dengan predikat (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan predikat (Sangat baik), dan pada penilaian Aspek Siswa pada siklus I 79% dengan predikat (baik) meningkat pada siklus II menjadi 93% (sangat baik). Proses pembelajaran siswa meningkat dengan menggunakan pendekatan Scientific, dengan nilai rata-rata pembelajaran siswa meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada siklus I rata-rata pada penilaian sikap adalah 2,37 dengan predikat B- (baik) meningkat pada siklus II 3,38 dengan predikat A- (sangat baik), penilaian pengetahuan rata-rata pada siklus I adalah 2,35 dengan predikat B- (baik) meningkat pada siklus II 3,13 dengan predikat A- (sangat baik), dan pada penilaian keterampilan pada siklus I adalah 2,85 dengan predikat B (baik) meningkat pada siklus II 3,36 dengan predikat A- (sangat baik).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca intensif, Pendekatan scientific, Pembelajaran tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:38
Last Modified: 01 Aug 2025 09:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19762

Actions (login required)

View Item
View Item