Yunisya, Shinta (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD Negeri 10 Aur Tajungkang Tangah Sawah, Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SHINTA_YUNISYA_1204978_399_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SHINTA_YUNISYA_1204978_399_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SHINTA_YUNISYA_1204978_399_2017.pdf
Download (860kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya guru dalam proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan scientific. Di dalam pembelajaran guru kurang mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata, kurang memancing siswa untuk bertanya, kurang membimbing siswa melakukan kegiatan mengumpulkan informasi/ mencoba. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan scientific pada pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific siswa kelas III SDN 10 Aur Tajungkang Tangah Sawah Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengamati pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan scientific dan lembar tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN 10 Aur Tajungkang Tangah Sawah Bukittinggi yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) pelaksanaan siklus I aspek guru 65% (C), pada siklus II 80% (B) dan pada siklus III 90% (AB) dan aspek siswa siklus I 65% (C), pada siklus II 80% (B) dan pada siklus III 90% (AB). b) hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 2,57, pada siklus II dengan rata-rata 3.06 dan pada siklus III degan rata-rata 3,60. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD N 10 Aur Tajungkang Tangah Sawah Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pendekatan scientific, Pembelajaran tematik terpadu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:33 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19754 |