Yenni, Fitri (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Pendekatan Komunikatif Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Matua Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRI_YENNI_52117_2351_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRI_YENNI_52117_2351_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FITRI_YENNI_52117_2351_2012.pdf
Download (119kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman penulis mengajar di kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Matua Kecamatan Matur Kabupaten Agam, terungkap bahwa siswa kurang lancar berbicara, merasa malu, ragu-ragu, dan takut salah. Pembelajaran keterampilan berbicara yang sudah dilaksanakan selama ini belum terselenggara secara optimal. Untuk itu penulis melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan membuat rancangan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan komunikatif, melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan komunikatif, dan memberikan penilaian dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan pendekatan komunikatif bagi siswa kelas V SDN 20 Matua Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan. Siswa telah mampu melakukan dialog /percakapan dan menanggapi dialog berdasarkan pengalaman siswa dengan bahasa yang komunikatif dengan menggunakan pilihan kata, lafal, intonasi, kelancaran, dan ekspresi yang tepat. Hasil perencanaan siklus I adalah 82,10% dan siklus II adalah 89,30%. Hasil pengamatan aktifitas guru dan siswa pada siklus I adalah 85,70% dan 82,14% sedangkan pada siklus II adalah 96,43% dan 96,43%. Hasil penilaian rata-rata pada siklus I adalah 77,45% dengan ketuntasan klasikal 60%. Penilaian ini berada dalam taraf cukup. Hasil penelitian siklus II adalah 81,95% dengan ketuntasan klasikal 90%. Penilaian ini berada dalam taraf baik. Saran penting yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, guru perlu melakukan terobosan terobosan baru yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, pendekatan komunikatif, siswa kelas V, SDN 20 Matua |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:20 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19745 |