Gustia, Fitri Yeni (2016) Peningkatan Proses Belajar IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Quantum Learning di Kelas IV SD Muhammadiyah Batukambing Kecamatan Ampek Nagari. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRI_YENI_GUSTIA_52539_3560_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRI_YENI_GUSTIA_52539_3560_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FITRI_YENI_GUSTIA_52539_3560_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian berawal dari kenyataan di lapangan bahwa dalam proses belajar IPS di kelas IV SD Muhammadiyah Batukambing Kecamatan Ampek Nagari, hasil belajar IPS rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ingin mencoba meningkatkan hasil proses belajar IPS dengan menggunakan pendekatan quantum Learning di kelas IV SD Muhammadiyah Batukambing Kecamatan Ampek Nagari. Penelitian ini dilaksanakan di IV SD Muhammadiyah Batukambing Kecamatan Ampek Nagari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 22 orang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Proses penelitian merupakan proses daur ulang/siklus. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama perolehan nilai adalah 82,1% (baik) pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 92,6% (sangat baik) pada siklus II adalah 94,6% (sangat baik). b) pelaksanaan pembelajaran guru pada siklus I pertemuan pertama adalah 78,1% (baik) pada pertemuan kedua meningkat menjadi 90,6% (sangat baik) pada siklus II meningkat menjadi 96,9% (sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 75,0% (cukup) pada pertemuan kedua adalah 83,3% (baik) pada siklus II meningkat menjadi 90,6% (sangat baik). Hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I pertemuan pertama adalah 71,9 pada pertemuan kedua 74,1 pada siklus II meningkat menjadi 90,1. Dengan demikian, disimpulkan melalui pendekatan quantum learning dapat meningkatkan proses belajar siswa di Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proses pembelajaran, IPS, quantum learning, kelas IV |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:20 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19739 |