Marlina, Riri (2014) Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Tari Daerah Setempat di SMP Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIRI_ MARLINA_77302_1744_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIRI_ MARLINA_77302_1744_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIRI_ MARLINA_77302_1744_2014.pdf
Download (430kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa dalam belajar dengan menggunakan metode diskusi.Jenis penelitian ini adalah kualitatifdengan teknik deskriptif analisis. Objek penelitian adalah siswa kelas VII 5 di SMP Negeri I Sungai Limau tahun pelajaran 2012/2013 dengan materi tari daerah setempat. Pengamatan yang dilakukan selama 4 kali pertemuana dengan indikator, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, mencatat, memperhatikan gambar, membacakan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan aktifitas siswa di dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi. Hal ini dapat kita buktikan dengan melihat aktifitas masing – masing siswa tersebut. Siswa yang mengajukan pertanyaan pada pertemuan I hanya 39,4%, pertemuan ke II meningkat menjadi 45,4%, pertemuan III meningkat lagi menjadi 78%, dan pada pertemuan ke IV 87,9%. Siswa yang menjawab pertanyaan pada pertemuan I hanya 36,4%, pada pertemuan II meningkat menjadi 57,6%, pertemuan ke III 72,2%, pada pertemuan IV 87,9%. Siswa yang mengemukakan pendapat pada pertemuan I 21,2%, pada pertemuan ke II 33,3%, pada pertemuan ke III 75,8%, dan pada pertemuan ke IV meningkat lagi menjadi 81,1%. Siswa yang mencatat pada pertemuan I 51,5%,pada pertemuan II 60,6%, pada pertemuan ke III 84,8% dan pada pertemuan ke IV 87,9%. Siswa yang memperhatikan gambar pada pertemuan ke II 57,6%, pada pertemuan ke III meningkat menjadi 84,8%, dan pada pertemuan ke IV. Siswa yang membaca kesimpulan pada pertemuan I hanya 30,3%, pada pertemuan ke II perlahan meningkat menjadi 36,3%, pada pertemuan ke III 69,7% dan pada pertemuan ke IV 78,7%. Selanjutnya untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penerapan diskusi, maka dilaksanakan tes tertulis dengan hasil belajar dengan rata-rata 7,19. Dengan demikian penerapan metode diskusi pada pembelajaran tari daerah setempat di SMP Negeri I Sungai Limau berhasil meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi,Tari |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:18 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19734 |