Sushanty, Fitri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Degan Teknik Membuat Mind Mapping di Kelas V SDN 13 Parit Putus Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRI_SUSHANTY_56829_3410_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRI_SUSHANTY_56829_3410_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FITRI_SUSHANTY_56829_3410_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian in berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa  mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPS.. Hal ini disebabkan   guru masih kurang terampil  untuk menggunakan teknik-teknik ataupun metode  yang ada. Padahal untuk menyampaikan materi IPS dibutuhkan teknik  pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat memahami  konsep IPS dan tidak merasa bosan. Diantara berbagai teknik pembelajaran yang  ada terdapat mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Mind  Mapping  di kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Parit Putus Kabupaten Agam.  
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research) yang terdiri  dari dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara guru dan observer.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian  ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil  pengamatan aktivitas guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa  kelas V SDN 13 Parit Putus kabupaten Agam yang berjumlah 22 orang, yang  terdiri dari 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.  Dari hasil penelitian, diperoleh hasil perencanaan yang meningkat, siklus I  75 dengan kualifikasi baik, sedangkan siklus II 90 dengan kualifikasi sangat baik.  Pada siklus I siklus aktifitas guru siklus I 68 dengan kualifikasi cukup, siklus II 88  dengan kualifikasi sangat baik, aktifitas siswa siklus I 63 dengan kualifikasi  cukup, siklus II 92 dan hasil belajar siswapun meningkat dari KKM yang  ditetapkan 70. Siklus I 71, dan siklus II 86. Dengan demikian dapat disimpulkan  pembelajaran IPS dengan teknik membuat Mind Mapping dapat meningkatkan  proses pembelajaran serta hasil belajar di kelas V SDN 13 Parit Putus Kabupaten  Agam
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPS, mind mapping, kelas V | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:12 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 09:12 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19723 | 
 
         