Azmiati, Azmiati (2012) Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AZMIATI 50797_4102_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_AZMIATI 50797_4102_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AZMIATI 50797_4102_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pada pembelajaran seni musik khususnya pada pembelajaran bernyanyi masih banyak permasalahan diantaranya guru hanya memberikan materi tentang seni musik vokal tanpa penghayatan, tidak mencontohkan bagaimana bernyanyi dengan teknik yang benar, guru tidak memperhatikan bakat siswa, dan banyak diantara guru tidak tahu bagaimana teknik bernyanyi yang benar. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan bernyanyi siswa pada pembelajaran seni musik. Dengan penggunaan model pembelajaran langsung ini, proses penerimaan siswa terhadap pelajaran lebih berkesan secara mendalam serta dapat menghilangkan kejenuhan siswa dalam belajar. Sehingga dapat membentuk pengertian dengan baik dan sempurna. Dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) maka siswa benar-benar memahami karena pembelajaran ini diajarkan selangkah demi selangkah sesuai dengan teori didalam praktek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tidakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I sebanyak dua kali pertemuan dan siklus II sebanyak dua kali pertemuan dengan empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1, dalam penilaian terhadap RPP mendapatkan persentase 71%. Pada siklus I pertemuan 2 masih 78% dan disiklus II pertemuan 1 mendapatkan persentase 82% dan pada pertemuan 2 meningkat lagi menjadi 89%. Penilaian terhadap penerapan aktivitas guru siklus I pertemuan 1 diperoleh persentase 80,7% dan penerapan aktivitas siswa 78,8%. Pada siklus I pertemuan 2 diperoleh persentase penerapan aktivitas guru 88,4% dan aktivitas siswa 84,6%. Dalam siklus II pertemuan 1 persentase penerapan aktivitas guru mencapai 93,7% dan persentase penerapan aktivitas siswa mencapai 89,5%. Sedangkan pada pertemuan 2 persentase penerapan aktivitas guru mencapai 97,9% dan persentase penerapan aktivitas siswa mencapai 93,7%. Untuk penilaian pembelajaran siklus I pertemuan 1 adalah 63 sedangkan pada pertemuan 2 adalah 69. Penilaian proses dan penilaian hasil pada siklus II pertemuan 1 hasilnya meningkat menjadi 75,5 dan pada pertemuan ke 2 meningkat lagi menjadi 81. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan bernyanyi siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) meningkat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bernyanyi, Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:06 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19697 |