Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada KD 3.7 Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Siswa Kelas X IPS SMA N 1 Batanghari

Saputra, Bobi (2017) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada KD 3.7 Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Siswa Kelas X IPS SMA N 1 Batanghari. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_BOBI_SAPUTRA_1302021_3453_2017.pdf] Text
final_B1_06_BOBI_SAPUTRA_1302021_3453_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya masalah yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Mengingat banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, maka pada penelitian ini lebih dikhususkan untuk melihat seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar Geografi pada KD 3.7 dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan siswa kelas X IPS SMA N 1 Batanghari. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif koresional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA N 1 Batanghari tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 115 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket model skala Likert yang telah di uji validitas dan realibilitasnya, kemudian mencatat hasil belajar siswa. Data yang dikumpul tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: terdapat pengaruh antara efikasi diri terhadap hasil belajar di SMA Negeri 1 Batanghari. Hal ini bisa dilihat pada koefisien korelasi sebesar 0.367 dan juga dapat dilihat pada Tabel r pada lampiran 6 sebesar 0,218. Karena r hitung > dari r tabel, maka terdapatnya pengaruh yang signifikan dan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Besar hubunganya adalah 13.4%. Artinya efikasi diri siswa dalam belajar dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa. Semakin baik efikasi diri siswa dalam belajar semakin baik pula hasil belajar siswa. Sehingga peneliti menyarankan kepada guru-guru khususnya guru mata pelajaran Geogarfi agar lebih memberikan motivasi kepada siswa sehingga efikasi diri siswa menjadi lebih baik sehingga nantinya hasil belajar siswa sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1
Depositing User: Assariy Ramdhani
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:06
Last Modified: 01 Aug 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19692

Actions (login required)

View Item
View Item