Jusmiati, Jusmiati (2012) Peningkatan Pengenalan Konsep Angka Anak Melalui Permainan Dore Angka di TK Aisyiyah Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_JUSMIATI_52791_4252_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_JUSMIATI_52791_4252_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_JUSMIATI_52791_4252_2012.pdf
Download (257kB)
Abstract
Kemampuan anak dalam Konsep Angka di TK Aisyiyah Lubuk Sikaping masih rendah dan di bawah Kriteria Pencapaian Indikator yang ditetapkan. Dari kenyataan yang peneliti lihat di TK tersebut anak-anak pada umumnya sudah bisa menghitung namun masih banyak anak yang tidak mengerti dengan Konsep Angka. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran, pengenalan Konsep Angka bagi anak masih sangat kurang, karena selama ini dalam pembelajaran Konsep Angka guru hanya menggunakan jari tangan sebagai media pembelajaran berhitung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu melalui media permainan dore angka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan Konsep Angka anak di TK Aisyiyah Lubuk Sikaping.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian anak kelompok BI sebanyak 17 orang yang terdiri dari 6 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Lubuk Sikaping pada tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan permainan dore angka sebagai objek penelitiannya. Instrumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari tiga pertemuan pada siklus I dan tiga pertemuan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I tingkat pencapaian Konsep Angka anak masih rendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu tujuh puluh lima persen, sehingga penelitian perlu dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II, Konsep Angka anak sudah meningkat dan mencapai Kriteria Pencapaian Indikator. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui permainan dore angka Konsep Angka anak di TK Aisyiyah Lubuk Sikaping Kecamatan Lubuk Sikaping mengalami peningkatan. Oleh karena itu, permainan dore angka hendaknya dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang mendidik dan menambah pengetahuan dalam pendidikan di TK, khususnya untuk peningkatan Konsep Angka anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Angka, Permainan Dore Angka, Anak Usia Dini, Peningkatan, Pembelajaran TK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:54 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19674 |