Rahyuni, Shekar (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 43 Dadok Tunggul Hitam, Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SHEKAR_RAHYUNI_1200724_1376_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SHEKAR_RAHYUNI_1200724_1376_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SHEKAR_RAHYUNI_1200724_1376_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari proses pembelajaran IPS yangbelum bersifat interaktif dimana guru lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga kurang menarik minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian terdiri dariperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang yang berjumlah 25 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016.
Hasil penelitian terhadap RPP siklus I dengan rata-rata 73% (Cukup), dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 86% (Sangat baik). Penilaian terhadap kegiatan guru dengan rata-rata 73% (Cukup) pada siklus I, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 90% (Sangat baik). Penilaian kegiatan siswa dengan rata-rata 70% (Cukup)pada siklus I, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 90% (Sangat baik). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74 (Cukup), dan meningkat menjadi 86 (Sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), Problem Based Learning (PBL). |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:54 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19672 |