Mutiara, Fitri (2016) Peningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRI_MUTIARA_FAJRIANTI_1200623_5910_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRI_MUTIARA_FAJRIANTI_1200623_5910_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FITRI_MUTIARA_FAJRIANTI_1200623_5910_2016.pdf
Download (671kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik terpadu yang belum terlaksana dengan baik. Pembelajaran masih bersifat teacher center. Pembelajaran masih terpisah-pisah pada setiap mata pelajaran. Guru belum membuka secara luas kesempatan kepada siswa melakukan pengamatan, menggali dan mengumpulkan informasi, guru belum memberikan kesempatan kepada siswa mengkomunikasikan apa yang mereka pelajari.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan saintifik
Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV berjumlah 26 orang terdiri dari 14 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dan sumber data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data observasi dan tes Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil RPP dengan rata-rata siklus I 81,94 % dengan kualifikasi B. Nilai RPP Siklus II yaitu 94,44% dengan kualifikasi SB. Pelaksanaan proses pembelajaran siklus I aspek guru dengan nilai rata-rata 89,28% dengan kualifikasi B. Rata-rata pelaksanaan aspek guru siklus II memperoleh nilai 96,42 % dengan kualifikasi SB. Siklus I aspek siswa dengan nilai rata-rata 81,35% dengan kualifikasi B. Siklus II aspek siswa nilai yang diperoleh adalah 92.85% dengan kriteria SB. Rata-rata penilaian autentik siklus I 2,90 dengan kualifikasi B. Siklus II rata rata penilaian autentik 3,81 dengan kualifikasi A-. Sehingga disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik meningkat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proses pembelajaran, tematik terpadu, pendekatan saintifik, kelas IV |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:53 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19669 |