Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN 10 Bandar Buat, Kota Padang

Yuni, Shari Ayu Rahma (2017) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN 10 Bandar Buat, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SHARI_AYU_RAHMA_YUNI_1305058_575_2018.pdf] Text
final_B1_06_SHARI_AYU_RAHMA_YUNI_1305058_575_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang, dan guru belum pernah menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT ) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen). Rancangan penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang yang masing-masing mempunyai 28 siswa tiap kelasnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga diperoleh kelas IVA SDN 10 Bandar Buat sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB SDN 10 Bandar Buat sebagai kelompok kontrol. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan rumus t test dengan taraf signifikan 5% (0,05) yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh t hitung (2,1) > t tabel (2,01). Hasil belajar PKn yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok eksperimen sebesar 80,9 dan mean yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 75,86. Dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT)

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe NHT, Hasil Belajar.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:53
Last Modified: 01 Aug 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19667

Actions (login required)

View Item
View Item