Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SD Negeri 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan

Mardiyanti, Fitri (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SD Negeri 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FITRI_MARDIYANTI_15671_4592_2014.pdf] Text
final_B1_6_FITRI_MARDIYANTI_15671_4592_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang masih terpusat pada guru dan jarang menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Sehingga siswa terlihat pasif dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPS siswa sehingga belum memenuhi standar ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan kooperatif tipe Group Investigasi (GI) di Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 37 orang. Prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan secara kerjasama antara peneliti dan observer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) RPP siklus I adalah 75%, pada siklus II meningkat 96,42%, (b) Pelaksanaan aspek guru, pada siklus I 71,63% meningkat 93,18% pada siklus II, dan aspek siswa siklus I 71,50% meningkat pada siklus II 93,18%, (c) Hasil belajar siswa pada siklus I 72,21 meningkat menjadi 88, dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPS, model kooperatif, group investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:53
Last Modified: 01 Aug 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item
View Item