Hayati, Fitri (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) di Kelas V SD Islam Terpadu Cahaya Hati Gulai Bancah Bukitinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRI_HAYATI_01380_2952_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRI_HAYATI_01380_2952_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FITRI_HAYATI_01380_2952_2013.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan dilapangan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA, kurangnya motivasi siswa serta kurangnya kreatifitas guru dalam memilih strategi yang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas V SD Islam Terpadu Cahaya Hati Bukittinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan untuk dua kali siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi, evaluasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain dari segi penilian RPP mengalami peningkatan dimana nilai pada siklus I 73,5% dengan kriteria C dan pada siklus II 87,5%. Dari segi aspek guru pada siklus I 79% meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria B pada siklus II. Pada aspek siswa nilai pada siklus I 72,5% meningkat menjadi 85,42% dengan kriteria B. Nilai siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara keseluruhan pada siklus I diperoleh 71,8% dengan kriteria C dan pada siklus II 88,6% dengan kriteria B . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Islam Terpadu Cahaya Hati Gulai Bancah Bukitinggi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPA, strategi pembelajaran, problem based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:52 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19653 |