Pengembangan Nilai Karakter Disiplin di Taman Kanak-Kanak Adhyaksa XXVI Padang

Harni, Jurma (2014) Pengembangan Nilai Karakter Disiplin di Taman Kanak-Kanak Adhyaksa XXVI Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_JURMA_HARNI_96203_3175_2014.pdf] Text
final_B1_7_JURMA_HARNI_96203_3175_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh disiplin anak di dalam belajar dan mematuhi aturan-aturan yang telah diterapkan Taman Kanak-Kanak Adhyaksa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan nilai karakter disiplin secara otoriter, permisif, dan demokratis yang di lakukan oleh guru Taman Kanak-Kanak Adhyaksa XXVI Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang. Informan penelitian ini adalah wali kelas B2, B3, B4 dan B5, dan anak- anak di Taman Kanak-Kanak Adhyaksa khususnya di lokal B2, B3, B4 dan B5. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan model Miles and Huberman yaitu dengan cara, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian.
Hasil penelitian ini secara umum yaitu pengembangan nilai karakter disiplin anak melalui cara otoriter, cara permisif, cara demokrasi. Dan pengembangan karakter disiplin yang lebih cendrung diterapkan kepada anak melalui demokrasi di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Disiplin, Anak Usia Dini, Pendekatan Otoriter, Permisif, Demokratis, Tk Adhyaksa XXVI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:50
Last Modified: 01 Aug 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item
View Item