Halomoan, Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV SDN 01 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRI_HALOMOAN_93779_1129_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRI_HALOMOAN_93779_1129_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FITRI_HALOMOAN_93779_1129_2012.pdf
Download (905kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berfikir secara kritis, sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah.
Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan didukung oleh data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah di kelas IV SDN 01 Pasaman. Subjek penelitian adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV SDN 01 Pasaman yang berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari hasil observasi aktivitas siswa dari 63% siklus I pertemuan I menjadi 73% pertemuan II dan pada siklus II pertemuan I 75% dan pertemuan II meningkat menjadi 92%. Sementara itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 71%. Pada siklus II 83%.Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 01 Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPS, strategi pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:46 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19637 |