Halomoan, Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV SDN 01 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRI_HALOMOAN_93779_1129_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRI_HALOMOAN_93779_1129_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FITRI_HALOMOAN_93779_1129_2012.pdf
Download (905kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses  pembelajaran siswa tidak terlibat  aktif dalam pembelajaran dan siswa tidak dapat  mengembangkan kemampuan berfikir secara kritis, sehingga hasil belajarnya  rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa   dalam  pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan strategi pembelajaran  berbasis masalah.   
Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan  kualitatif dan didukung oleh data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Data  penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang  diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data  adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan strategi pembelajaran  berbasis masalah di kelas IV SDN 01 Pasaman. Subjek penelitian adalah guru  (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV SDN 01 Pasaman yang  berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis  data kualitatif  
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa  mengalami peningkatan. Dari hasil observasi  aktivitas siswa dari 63% siklus I  pertemuan I menjadi 73% pertemuan II dan pada siklus II pertemuan I 75% dan  pertemuan II meningkat menjadi 92%. Sementara itu hasil belajar siswa juga  mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 71%. Pada siklus II 83%.Dari hasil  penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi  pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 01 Pasaman, Kabupaten Pasaman  Barat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPS, strategi pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:46 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 08:46 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19637 | 
 
         