Metza, Fitri Fortuna (2022) Peningkatan Hasil Belajar Volume Balok dan Kubus Menggunakan Model Problem Solving di Kelas V SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRI_FORTUNA_METZA_18129258_2728_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRI_FORTUNA_METZA_18129258_2728_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FITRI_FORTUNA_METZA_18129258_2728_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan bahwa selama proses  pembelajaran, penyampaian materi yang digunakan dengan Model Problem  Solving belum terlaksana dan masih bersifat teacher center. Penyajian materi  pembelajaran yang kurang menarik disebabkan karena disaat penyajian materi  guru fokus pada menjelaskan materi saja tanpa memikirkan keaktifan dan  keterlibatan peserta didik, dan akhirnya mempengaruhi hasil belajar peserta didik.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta  didik dalam volume balok dan kubus menggunakan Model Problem Solving  terhadap hasil belajar.  
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan  pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian terdiri dari perencanaan,  pelaksanaan dan pengamatan dalam pembelajaran menggunakan Model Problem  Solving dalam volume balok dan kubus. Teknik pengumpulan data berupa tes dan  non tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022.  Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta  didik kelas V sebanyak 23 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 8 orang  perempuan.  
Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari hasil: (a) RPP siklus I rata-  rata 76,78% (C), siklus II 92,85% (SB), (b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I  rata-rata 81,24% (B), dan siklus II 93,75% (SB), (c) pelaksanaan pada aspek  peserta didik siklus I rata-rata 81,24% (B), dan siklus II 93,75% (SB), (d) hasil  belajar peserta didik siklus I rata-rata 75,23 dan siklus II 86,86. Kesimpulan hasil  penelitian bahwa dengan menggunakan Model Problem Solving meningkatkan  hasil belajar peserta didik dalam volume balok dan kubus di sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, volume balok, problem solving, kelas V | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:43 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 08:45 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19633 | 
 
         