Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh.

Murti, Wisesa Hari (2021) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WISESA_HARI_MURTI_17006080_244_2022.pdf] Text
B1_5_WISESA_HARI_MURTI_17006080_244_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan untuk mengatur diri sendiri dalam proses pembelajaran sangatdiperlukan. Kemampuan ini disebut dengan self-regulated learning. Siswa sangatdiharapkan memiliki pengaturan diri yang tinggi sehingga dapat berprestasi danmendukung kemajuan di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untukmeningkatkan self-regulated learning siswa kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan The NonEquivalent Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2Payakumbuh dengan 10 orang siswa kelompok eksperimen dan 10 orang siswakelompok kontrol yang terindikasi mengalami self-regulated learning dengankategori sangat tinggi, tinggi, dan sedang. Instrument yang digunakan berupa skalaself-regulated learning yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas penelitian.Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan KolmogorovSmirnov 2 Independent Samples.Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok denganteknik homeroom efektif dalam meningkatkan self-regulated learning siswa, di manasetelah diberikan perlakuan, self-regulated learning siswa kelompok eksperimenmeningkat secara signifikan. Hal ini juga terlihat dari hasil Kolmogorov Smirnov 2Independent Samples. Jika dibandingkan, maka terdapat perbedaan yang signifikanskor rata-rata posttest antara kelompok eksperimen yang menggunakan layananbimbingan kelompok teknik homeroom dengan kelompok kontrol yang diberikanlayanan bimbingan kelompok tanpa teknik homeroom. Dapat disimpulkan bahwalayanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom terbukti efektif untukmeningkatkan self-regulated learning siswa kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK HOMEROOM, SELF-REGULATED LEARNING
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:41
Last Modified: 01 Aug 2025 08:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19623

Actions (login required)

View Item
View Item