Ellisa, Fitri (2015) Peningkatan Proses Pembelajaran Tema 6 Dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas II SD Kartika 1-12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRI_ELLISA_AGUSTINA_YULIANDA_48737_6162_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRI_ELLISA_AGUSTINA_YULIANDA_48737_6162_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FITRI_ELLISA_AGUSTINA_YULIANDA_48737_6162_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak maksimalnya guru dalam proses  pembelajaran tema, disebabkan guru belum bisa mengaitkan materi pembelajaran  berdasarkan pengalaman atau kehidupan anak itu sendiri. penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa dalam pembelajaran tema dengan  menerapkan pembelajaran berbasis penemuan (discovery Learning).   
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang  menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua  siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II  SD Kartika 1-12 Padang berjumlah 20 orang. Instrument penelitian ini adalah  lembar pengamatan dan lembar tes.   
Berdasarkan hasil penelitian terlihat pada proses pembelajaran siswa  meningkat. Dengan menggunakan model discovery learning, dengan nilai rata rata pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran siklus I adalah 69 dengan  predikat (kurang) meningkat pada siklus II menjadi 83 dengan predikat (baik),  sedangkan pada penilaian Aspek Guru pada siklus I 74% dengan predikat (cukup)  meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan predikat (Sangat baik), dan pada  penilaian Aspek Siswa pada siklus I 79% dengan predikat (baik) meningkat pada  siklus II menjadi 93% (sangat baik). Pada proses pembelajaran siswa meliputi  penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada siklus I rata-rata pada  penilaian sikap adalah 2,54 dengan predikat B- (baik) meningkat pada siklus II  3,34 dengan predikat A- (sangat baik), penilaian pengetahuan rata-rata pada siklus  I adalah 2,54 dengan predikat B- (baik) meningkat pada siklus II 3,53 dengan  predikat A- (sangat baik), dan pada penilaian keterampilan pada siklus I adalah  3,00 dengan predikat B (baik) meningkat pada siklus II 3,50 dengan predikat A-  (sangat baik)
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | proses pembelajaran, tema 6, discovery learning, kelas II | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:40 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 08:40 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19621 | 
 
         