Rinawati, Rinawati (2012) Pengembangan Sosial Anak Melalui Permainan Berbaris di TK Islam Darul Hikmah Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RINAWATI_51121_918_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_RINAWATI_51121_918_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RINAWATI_51121_918_2012.pdf
Download (924kB)
Abstract
Berdasarkan masalah yang dikemukakan di TK Islam Darul Hikmah Lubuk Sikaping Kelompok B4 tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 10 yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Kenyataan yang peneliti lihat bahwa sosial anak dalam belajar dan sehari-hari masih rendah, hal ini terlihat pada anak yang kalau berbaris mau masuk ke kelas saling berebutan dan dorong mendorong untuk ingin berbaris paling di depan serta kalau memakai alat permainan saling berebutab dan tidak mau berganti-gantian. Di sini nampak ego masing-masing anak saling mementingkan dirinya sendiri. Penelitian yang peneliti lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas, mulai dari perencaan, pelaksaan, pengamatan atau refleksi untuk dapat memahami permasalahan di kelas yang ditemui sewaktu melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan sosial anak usia dini dalam pembelajaran di kelas.
Salah satu upaya yang dapat mengembangkan sosial anak usia dini adalah dengan melalui permainan berbaris, ini dapat melatih anak untuk saling dapat bekerja sama, mau bermain dengan teman, saling membantu sesama teman, sabar menunggu giliran dan menerima tanggung jawab serta mengembangkan sosial anak. Perumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan permainan berbaris ini dapat meningkatkan sosial anak di Taman Kanak-kanak Islam Darul Hikmah Lubuk Sikaping? Data tentang sosial anak dalam pembelajaran di peroleh dari lembaran observasi yang dianalisis dengan tekhnik persentase. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase sosial anak kategori amat baik dan baik dari kondisi awal sampai siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus II.
Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan permainan berbaris ini dalam pembelajaran dapat meningkatkan pengembangan sosial anak. Peneliti menyarankan bahwa untuk penelitian selanjutnya agar dapat meningkatkan fungsi dari media, yang mana merupakan karya inovasi yang dapat meningkatkan lebih banyak aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Sosial, Anak Usia Dini, Permainan Berbaris |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:38 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19602 |