Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu pada Tema Cita-Citaku dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang

Rambe, Fitri Asminar (2015) Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu pada Tema Cita-Citaku dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FITRI_ASMINAR_RAMBE_1100623_4718_2015.pdf] Text
final_B1_6_FITRI_ASMINAR_RAMBE_1100623_4718_2015.pdf

Download (706kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran tematik terpadu belum sesuai dengan konsep yang diharapkan.Dalam perencanaan guru belum tampak berinovasi mengembangkan RPP.Sehingga berakibat pada pelaksanaan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru. Hal ini terlihat juga pada siswa mudah lupa dengan yang ia pelajari. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran tematik terpadu pada tema cita-citaku dengan model discovery learning.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data dan sumber data penelitian ini adalah hasil pengamatan dalampeningkatan pembelajaran tematik terpadu dengan model discovery learning. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 15 Ulu Gadut dengan jumlah 35 orang.Peneliti adalah praktisi, dan guru kelas adalah observer.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus dan dilakukan dengan teknik observasi dengan instrument lembar observasi RPP, siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) RPP siklus I diperoleh rata-rata 82,2% dan siklus II diperoleh rata-rata 90,5%. b) pengamatan aspek siswa siklus I diperoleh rata-rata 81,3% dan siklus II diperoleh rata-rata 91,6%. c) pengamatan aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 81,3% dan siklus II diperoleh rata rata 91,6%. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu pada tema cita-citaku di kelas IV SDN 15 Ulu Gadut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik, tema cita-citaku, discovery learning, kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:34
Last Modified: 01 Aug 2025 08:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19581

Actions (login required)

View Item
View Item