Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Metode Inkuiri di kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang

Arisandi, Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Metode Inkuiri di kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FITRI_ARISANDI_93800_4337_2012.pdf] Text
final_B1_6_FITRI_ARISANDI_93800_4337_2012.pdf

Download (478kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang menunjukan bahwa pembelajaran pengaruh globalisasi di lingkungan belum terlaksana dengan baik. Hal ini karena pembelajaran dalam bentuk diskusi kelompok belum terlaksana dengan baik, guru cendrung lebih banyak menceramahi siswa dalam menyajikan materi pelajaran. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui penggunaan metode inkuiri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action recearch) dibidang pendidikan dan pengajaran pengaruh globalisasi di lingkungan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran pengaruh globalisasi di lingkungan pada suatu kelas yaitu kelas IV Sekolah Dasar. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan (observasi), dan refleksi.
Hasil penelitian pada setiap siklus yang telah dilaksanakan menunjukan adanya peningkatan baik penilaian proses pembelajaran maupun hasil belajar. Hasil penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan (aspek guru dan aspek siswa), dan hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotor). Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukan bahwa hasil penilaian dari segi perencanaan (RPP) pada siklus I adalah 87% meningkat pada siklus II menjadi 97%. Hasil penilaian dari segi pelaksanaan dari aspek guru pada siklus I adalah 86% meningkat pada siklus II menjadi 97% sedangkan hasil penilaian dari segi pelaksanaan dari aspek siswa pada siklus I adalah 88% meningkat pada siklus II menjadi 97%. Hasil belajar kognitif pada siklus I adalah 72,26% meningkat pada siklus II menjadi 81,5%, hasil belajar afektif pada siklus I adalah 78,51% meningkat pada siklus II menjadi 80,07%, dan hasil belajar psikomotor pada siklus I adalah 73,18% meningkat pada siklus II menjadi 80,46%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa secara keseluruhan pada siklus I mencapai 74,65% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,67%, dengan demikian metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengaruh globalisasi di lingkungan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, PKN, metode inkuiri, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:34
Last Modified: 01 Aug 2025 08:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19580

Actions (login required)

View Item
View Item