Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di kelas IV SDN 01 Kec. Mungka Kab. 50 kota

Fitri, Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di kelas IV SDN 01 Kec. Mungka Kab. 50 kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FITRI_04313_4392_2012.pdf] Text
final_B1_6_FITRI_04313_4392_2012.pdf

Download (542kB)

Abstract

Kondisi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) khususnya Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pembelajarannya masih didominasi kepada guru daripada mengembangkan keterampilan dan kemampuan berfikir siswa. Disini siswa hanya menjadi objek, sehingga kurang mendorong potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang. Maka dari permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Untuk itu peneliti menggunakan metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan yakni dengan menggunakan metode bermain peran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun dengan mengikuti langkah langkah penggunaan metode bermain peran untuk menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV. Sedangkan siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Kec. Mungka Kab. 50 Kota. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi dan tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 01 Kec. Mungka Kab. 50 Kota. Hal ini terlihat dari (1) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 73,73 pada siklus I menjadi 83,27 pada siklus II, (2) pada ranah afektif meningkat dari nilai rata-rata 81,82 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II dan (3) pada ranah psikomotor meningkat dari nilai rata-rata 73,16 pada siklus I menjadi 82,95 pada siklus II. Melihat hasil penelitian ini, penulis mengambil kesimpulan bahwa dengan pembelajaran menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, PKn, metode bermain peran, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:31
Last Modified: 01 Aug 2025 08:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19570

Actions (login required)

View Item
View Item