Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 03 Lagan Gadang Hilir Kec. Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan

Siskarina, Ellya (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 03 Lagan Gadang Hilir Kec. Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELLYA_ SISKARINA_ 96289_5883_2014.pdf] Text
final_B1_6_ELLYA_ SISKARINA_ 96289_5883_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang selama ini masih berpusat kepada guru sehingga berlangsung pembelajaran IPA yang membosankan. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA menggunakan model PBL dikelas V SDN 03 Lagan Gadang Hilir Kec. Linggo Sari Baganti, Kab. Pesisir Selatan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan siswa, lembar pengamatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas V, siswa berjumlah 28 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I adalah 87,5% pada siklus II meningkat menjadi 100%, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I adalah 75% pada siklus II meningkat menjadi 95%, pada aspek siswa siklus I adalah 62,5%, pada siklus II meningkat menjadi 95%. (c) Rata-rata hasil belajar siswa siklus I dari aspek kognitif adalah 62,5 aspek afektif adalah 58,71. Rata-rata hasil belajar siswa siklus II pada aspek kognitif adalah 79,82 pada aspek afektif adalah 72,17 pada aspek psikomotor adalah 70,69.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPA, Problem Based Learning (PBL), Rancangan, Pelaksanaan, Hasil, siswa, kognitif, afektif, psikomotor, RPP, Guru dan siswa, Peningkatan, Standar ketuntasan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LT Textbooks
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:31
Last Modified: 01 Aug 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19569

Actions (login required)

View Item
View Item